Senin, 12 Oktober 2009

Penerapan Turunan Parsial Dalam Kehidupan Sehari Hari

Turunan ParsiaL



Diferensial parsial adalah di mana suatu fungsi yang tidak diketahui adalah fungsi dari banyak variabel bebas. Orde persamaan didefinisikan seperti pada persamaan diferensial biasa, namun klasifikasi lebih jauh ke dalam persamaan eliptik, hiperbolik, dan parabolik, terutama untuk persamaan diferensial linear orde dua, sangatlah penting. Beberapa pesamaan diferensial parsial tidak dapat digolongkan dalam kategori-kategori tadi, dan dinamakan sebagai jenis campuran.

Baik persamaan diferensial biasa maupun parsial dapat digolongkan sebagai persamaan Linier atau persamaan nonlinier. Sebuah persamaan diferensial disebut linier apabila fungsi yang tidak diketahui dan turunannya muncul dalam pangkat satu (hasilkali tidak dibolehkan). Bila tidak memenuhi syarat ini, persamaan tersebut adalah nonlinier.


Bentuk paling sederhana dari persamaan diferensial adalah :
 \frac{\part u}{\part x}=0\,
di mana u suatu fungsi yg tidak di ketahui dr x dan y.
Hubungan ini mengisyaratkan bahwa nilai-nilai u(x,y) tidak bergantung dari x karena itu solusi umum dari persamaan ini adalah.
u(x,y) = f(y),\,
dmna f adalah suatu variabel sembarang dr variabel y.


Penerapan Turunan Parsial dalam kehidupan Sehari hari biasanya di gunakan dalam kegiatan ekonomi.
pada kegiatan ekonomi, contoh dr penerapan turunan parsial adalah

fungsi produksi, konsep elastisitas, angka pengganda, optimisasi tanpa kendala, dan optimisasi dengan kendala (fungsi lagrange).




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

More Blog's

Memuat...

Pengikut